Jumat, 09 Desember 2016

Kenapa Allah Menciptakan Manusia ada yg Tampan dan Jelek ?


Assalamuallaikum wr wb

Terkadang kita sering berpikir mengapa ada yg ganteng dan ada yg jelek dan  bertanya kepada diri sendiri atau Tuhan "Allah itu ga adil, kenapa kakakku atau adikku, teman-temanku diberikan wajah ganteng/cantik sementara aku diberikan wajah jelek???", "Tuh liat enak yah! kalau jadi dia(cewe cantik), dikagumin sama cowo-cowo karena dia cantik", "Andai saja wajahku seperti artis yg ganteng, mungkin cewe2x manapun pasti nempel sama gue, sayangnya wajah gue nggak seperti dia". Penulis pun juga pernah mengalami hal yg serupa di atas. 
Lalu apakah kita pernah merenungkan bahwa sesungguhnya Allah SWT menciptakan manusia di muka bumi ini dengan sebaik-baiknya. Hal ini sama dengan firman Allah SWT:


 "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya". 
(At Tiin; 4). 

Jadi, Allah SWT menciptakan kita semua lain dari satu dengan yang satunya agar dunia ini indah dan keindahan itupun harus dihiasi dengan perbedaan, entah itu dari bentuk fisik maupun bakat kita. Bayangkan seandainya dunia ini diciptakan semua hidung manusia itu mancung ga ada yang pesek maka kita pun merasa ada yang kurang dalam hidup ini atau kita akan bosan melihat hidung mancung itu melulu setiap harinya.

 "Perbedaan itu indah"
 itulah sabda Rasulullah yang pernah aku dengar diceramah2 tv.  "Perbedaan itu bak sayur tanpa garam" maksudnya hidup ini terasa hambar jika Allah SWT menciptakan manusia tidak beda dari satu dengan yang lainnya. Lagi juga Allah swt itu melihat manusia bukan dari bentuk rupa maupun kekayaannya melainkan hati dan amal kita sebagaimana Rasulullah bersabda "Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan kekayaanmu tetapi Allah melihat hati dan amalmu". (HR Muslim).

Juga Allah menciptakan perbedaan agar manusia itu saling mengenal satu sama lain,ini dalilnya:


Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
(QS. 49:13)

jadi kesimpulannya :

Walau bagaimanapun baik yang ganteng jelek cantik sama2x ada kelebihan dan kebaikkan masing2x bahwa "Cakep / Ganteng / Tampan / Cantik itu adalah relatif sedangkan Jelek itu adalah mutlak hehe"!!!
jelek, cakep, cantik, ganteng itu sangatlah relatif, dan keadaan itu merupakan suatu kehendak Allah.
jelek, cakep, cantik, ganteng itu tergantung dari penilaian sesorang terhadap dirinya, dan juga diukur dengan keadaan rohani seseorang. apakah cakep tapi hatinya busuk ataupun sebaliknya.
jadi buat kalian yang merasa kurang pede karena menurut kalian diri kalian itu jelek janganlah berkecil hati, perbaikilah Akhlak kalian supaya perbuatan baik kalian terpancar ke wajah kalian. dan jadilah pribadi yang menarik,,
Orang yang merasa dirinya jelek janganlah bersedih hati. Seorang pangeran atau puteri mungkin saja akan menyukai kejelekan anda hehe.

Lagipula sudah sepatutnya kita ga usah mengeluh. Kita seharusnya mensyukuri nikmat Allah atas apa yang diberikan kepada kita dan yakinlah bahwa Allah SWT mempunyai rencana lain dalam penciptaan diri kita


EmoticonEmoticon